Tips Kepemimpinan kali ini adalah Mau Belajar dari Bawahan :D, lucu juga jika mengingat inspirasi yang saya dapat untuk menulis tips menjadi pemimpin handal 20. Kebetulan waktu itu lagi di salah satu ruang tunggu Rumah Sakit swasta terkenal di Surabaya. Jam dinding ruang tunggu menunjukkan pk 01.30 dini hari….Saat itu ada 2 orang petugas kebersihan yang bergantian bahu membahu membersihkan lantai ruang tunggu dan area di sekitar ruang tunggu. Mereka dengan ramah nya menyapa saya … saya pkir hebat juga ni Rumah Sakit sampai-sampai petugas kebersihan pun tahu betul konsep penjual jasa, yaitu cemberut tersenyum, galak ramah, picik tulus tidak dibuat-buat 😀
Tidak lama setelah mengalami keramahan sang customer service sejati tersebut, lewat seorang suster perawat dengan langkah pasti dan tegas …. waktu melewati petugas kebersihan tadi, suster perawat tersebut menanyakan beberapa hal kepada mereka lalu berjalan lagi menuju ruangan yang melewati depan ruang tamu.
Karena suasana mencekam sepi dan tidak ada orang lain selain saya di ruang tamu, tentu saja suster perawat tadi melihat saya dan terus berbelok memasuki ruangan yang dituju. Kehendak hati ingin menyapa, tapi melihat tatapan matanya yang dingin, disiplin dan tegas apalagi kita hanya bertatap muka 1 detik aja membuat saya sungkan untuk menyapa 😀
Perasaan ingin tahu benar-benar menggelitik saya waktu itu 😀 , segera saja saya beranjak dari tempat duduk dan berjalan kearah petugas kebersihan yang dari tadi masih asyik dengan pekerjaannya 😀
Pertanyaan saya cuma 1 kepada para petugas kebersihan tersebut. “Apakah yang baru saja lewat tadi itu KEPALA / PEMIMPIN PERAWAT di Rumah Sakit ini?”, mereka serempak menjawab galak ramah “iya, betul pak.”
Jika anda bertanya-tanya mengapa saya bertanya demikian…. ini jawabannya, ternyata tepat sekali dugaan saya kalau yang lewat tadi adalah seorang Pemimpin 😀 yang saya soroti disini bukan masalah tegas, disiplin yang ditunjukkan oleh sorotan mata Suster Perawat tadi melainkan bagaimana dia mempraktekkan Customer Service seperti yang ditunjukkan dengan baik oleh para petugas kebersihan 😀
Mudah-mudahan Suster Perawat tersebut membaca tulisan mengenai Gengsi Kepemimpinan 😀 dan belajar dari bawahannya (baca: petugas kebersihan).
Semoga cerita ini dapat menjadi inspirasi kepemimpinan anda…
salam
9 comments
Comments feed for this article
October 22, 2009 at 7:29 am
Evie
apa anda sendiri di ruang tsb?? maka suster menatap anda dg tajam n btanya dlm hati: ‘apa dia nyata” (kan jam 1 pagi..!!)..
December 10, 2009 at 8:00 am
rizal
benar2 menjadi inspirasi.,dg keramahan berarti memimpin ke setiap hati yg d pimpin.,membuat semuanya ikhlas menekuni organisasi.,terimakasih
December 11, 2009 at 9:16 pm
Lina Zain
Kan, untuk menjaga wibawa…
January 25, 2010 at 2:16 am
SAUT BOANGMANALU
TERIMAKASIH ATAS INFORMASI DAN TULISANNYA, CUKUP BERMANFAAT BUAT BACAAN/REFRENSI UNTUK REGENERASI. KUNJUNGI JUGA SEMUA TENTANG PAKPAK DAN UPDATE BERITA-BERITA DARI KABUPATEN PAKPAK BHARAT DI GETA_PAKPAK.COM http://boeangsaoet.wordpress.com
March 15, 2010 at 10:56 am
Karno
Cukup bagus, informasi ini, namun sebenarnya hal ini telah diajarkan oleh nenek moyang kita, terutama saya orang Jawa, hal ini telah tersurat dalam kepemimpinan Jawa yang diseratkan dalam kepemimpinan Hasta Brata, Hasta = 8 (delapan) Brata = laku/lelaku. Antara ke-8 ciri seorang pemimpin itu salah satunya harus bisa/mampu belajar dari lingkungan termasuk adalah dari bawahan kita itu juga. begitu kira-kira … dikit nembah kali ya …
May 19, 2010 at 9:05 am
Jerry massie SE,MA,MTh
Pola seperti ini yg paling mujarab dan ampuh sebagai seorang leader diera global sangatlah baik mengaplikasikan pola tersebut. kan leadership atau kepemimpinan adalah ‘the shows qualities of leadership potential or the ability of leader?? hal yg paling krusial,esensi, yg sebenarnya dipegang oleh para pemimpin yaitu mendengar keluhan dari bawah serta mau mempelajari kelebihan mereka tanpa intimidasi, over intervensi, atau yang lebih para lagi pembunuhan karakter..artikelnya sungguh bgs atau “well done” leadership is not a position but is an action ( Donald Mc gonnan) serta Leadership is a capacity to translate vision to action ( Deniss G Warren )
May 19, 2010 at 7:07 pm
jimgun
@Jerry massie SE,MA,MTh
Kata – kata yang begitu menginspirasi saya 🙂 Terima kasih sahabat.
salam hangat
November 11, 2010 at 1:54 am
muallim
thanks atas artikelx….sy sangat senang membacax…. dan artikel anda saya jadikan catatan dalam ukun Facebook saya….. ini banyak manfaatx…..
semoga artikel anda ini banyak membawa manfaat bagi semua yg membacax…..
Salam Sulapa’Appa dan Salam Perjuangan
January 15, 2012 at 7:59 pm
Irwan
Subhanallah… Jka sja smua pmmpn mmlki paradigma pmikrn sprti anda..:D