Seperti yang dikatakan di pengantar bahwa PEMIMPIN itu dikembangkan, bukan ditemukan / dilahirkan.  Pada saat memimpin rapat untuk pertama kalinya dalam masa KEPEMIMPINAN yang baru saja dimulai, saya langsung benar-benar menyadari bahwa “SIAPA PEMIMPIN SEBENARNYA” didalam rapat tersebut.

Ada seseorang yang sangat menonjol didalam rapat tersebut, sebut saja si-Dave . Mengapa demikian ??? apa ciri-cirinya ???
Setiap orang didalam rapat selalu menantikan PENDAPAT dari Dave. Dan setiap pendapat yang dilontarkan Dave selalu didukung oleh banyak orang. Pertanyaan saya waktu itu adalah mengapa demikian ??? Saya menyadari, bahwa saya menjadi PEMIMPIN karena saya mempunyai Posisi / kedudukan (entah itu diberi oleh Atasan / keadaan awal), tetapi Dave menjadi PEMIMPIN YANG SEBENARNYA karena Dave mempunyai PENGARUH meskipun ia tidak mempunyai Posisi.

Begitu hebatnya kekuatan PENGARUH yang dimiliki Dave. Sehingga mau tidak mau pun saya juga mengikutinya.

“PENGARUH yang kuat (dalam arti Positif) akan menjadikan anda PEMIMPIN yang kuat (dalam arti Positif) dimana saja dan tidak memperdulikan Posisi anda”.

Salam,
ISO