Menyambung lagi ARTIKEL KEPEMIMPINAN saya yang terakhir, pernah saya bertukar pikiran dengan beberapa pemimpin yang boleh dikatakan mempunyai posisi yang cukup bagus di perusahaan tempat mereka mencangkul sehari – hari😀 . Inti dari bincang – bincang saya adalah bagaimana “style” KEPEMIMPINAN yang mereka terapkan selama ini.

CMIIW (Correct Me If I’m Wrong) :
Pemimpin dibidang bisnis cenderung lebih KERAS. Mereka serasa “dipaksa” oleh keadaan untuk menjadi KERAS mengingat persaingan di dunia bisnis cukup mencekam😀

Sedangkan Pemimpin dibidang pendidikan cenderung lebih KALEM, mungkin harus lebih beretika karena ini dunia pendidikan😀 yang menomor-satukan keteladanan dan kebaikan.

Lalu bagaimana dengan saya, kebetulan saya berada di antara dua dunia😀 yang saya sebutkan diatas (bisnis dan pendidikan). Jika ada yang menanyakan bagaimana gaya KEPEMIMPINAN saya? Jurus kungfu KEPEMIMPINAN yang saya pegang sampai sekarang adalah “DUDUK SAMA RENDAH, BERDIRI SAMA TINGGI“. Artinya, saya dan rekan yang lain adalah sama2 manusia, jadi tidak ada istilah saya PEMIMPIN ente cuma BAWAHAN😀

Jurus kungfu Kepemimpinan yang saya terapkan bukannya tanpa resiko, tapi justru beresiko cukup besar. Jika anda salah menerapkan jurus kungfu Kepemimpinan yang satu ini, bisa2 anda akan kehilangan wibawa sebagai Pemimpin didepan rekan2 yang lain.

Mengapa demikian? Karena rekan2 anda sudah terbiasa dengan duduk sama rendah berdiri sama tinggi, sehingga tidak lagi menganggap anda sebagai Pemimpin yang layak untuk disegani.

Lalu bagaimana cara menghindari menghadapi resiko diatas?

  • Budayakan rasa kekeluargaan di team anda :
    • Gunakan waktu senggang untuk kegiatan bersama (tamasya, gathering, dsb).
    • Saling mengingatkan, melengkapi dan membantu seperti layaknya keluarga.
  • Usahakan yang terbaik untuk team anda (apapun bentuknya). Semakin anda terpojok karena “memperjuangkan” team anda, maka anda akan semakin didukung oleh “keluarga” anda.

Dua hal diatas adalah sesuatu yang sangat berat, dan jangan terlalu berharap anda akan langsung berhasil menjadi Pemimpin yang handal jika sudah melakukannya. Karena anda, saya atau siapapun juga tidak akan pernah dapat memuaskan semua orang karena dalam setiap keputusan / kebijakan yang diambil tentunya akan ada yang merasa dirugikan, tetapi paling tidak kita dapat melakukan yang terbaik untuk memuaskan sebagian besar orang.

Satu hal yang pasti, jika anda sukses (dapat memuaskan sebagian besar orang) menerapkan JURUS KUNGFU KEPEMIMPINAN diatas , maka anda benar – benar layak menjadi PEMIMPIN SEJATI😀

Ada yang mau menambahkan …. ???

salam,
ISO (bahasa jawa yang berarti BISA /DAPAT)