Puff …. 44 hari adalah waktu yang cukup lama untuk “menghilang” dari blog KEPEMIMPINAN ini karena masalah koneksi Internet😦 Tapi selama masa “bertapa” ada beberapa pengalaman menarik yang dapat menyambung ARTIKEL KEPEMIMPINAN di BLOG KHUSUS KEPEMIMPINAN.

Tips Menjadi Pemimpin Handal 06 ini cocok untuk PEMIMPIN – PEMIMPIN yang mulai “menikmati” KEPEMIMPINAN mereka, sehingga “MUNGKIN” LENGAH TERHADAP SERANGAN MUSUH😀

“Faktor utama kehancuran sebuah organisasi / perusahaan adalah dari internal perusahaan itu sendiri.

Kalimat ini yang “masih terngiang di telingaku”😀 .

Statement ini saya dapatkan dalam bincang – bincang santai dengan mantan supervisor (boleh dibilang cukup berhasil dalam hal KEPEMIMPINAN) perusahaan farmasi yang sangat terkenal di Indonesia.

Masih menyambung ARTIKEL KEPEMIMPINAN yang terakhir, sebagai pemimpin yang sejati, sudah menjadi kewajiban bagi anda untuk mulai memprioritaskan  statement diatas. Organisasi / perusahaan, skala kecil / besar akan dapat “hancur” dengan kurun waktu yang relatif singkat jika masalah internal perusahaan terus berlarut – larut.

Bagaimana cara mendeteksi masalah internal ?
*) Diam, bukan berarti tidak bermasalah bukan ?😀 Kenali karakter rekan kerja (istilah ini menggantikan istilah anak buah / bawahan) anda, posisikan diri anda seperti mereka untuk mencari informasi yang wow😀 mungkin anda tidak akan pernah menduganya, jangan terus-menerus meng-ekslusif-kan diri sebagai pimpinan, tapi eksklusifkan diri anda sebagai pemimpin (melayani bukan dilayani).

Bagaimana cara mengatasi masalah internal ?
*) Jika anda menganggap rekan kerja anda bermasalah, hal pertama yang harus anda kerjakan adalah INTROSPEKSI DIRI ANDA mungkin anda sendiri lah yang menjadi sumber masalah internal😀 , diskusi untuk mencari win – win solution mungkin bisa menjadi alternatif yang bijaksana <s>daripada “memaksakan kehendak” seperti kebanyakan PIMPINAN.</s>😦

*) Pupuk selalu KEBERSAMAAN TEAM ( individual ntar ada Gosip😀 ), dengan cara sering mengadakan acara bersama. Apa manfaatnya ? coba simak ARTIKEL KEPEMIMPINAN yang satu ini.

Inti dari ARTIKEL KEPEMIMPINAN seri Tips Menjadi Pemimpin Handal 06 adalah : Jadilah PEMIMPIN (melayani, menghargai, dst😀 ), bukan PIMPINAN (dilayani, ekslusif, kurang menghargai, dst😦 ). Karena GAYA KEPEMIMPINAN anda akan BERBANDING TERBALIK😀 dengan masalah internal organisasi. Semakin bagus KUNGFU KEPEMIMPINAN anda, semakin berkurang MASALAH INTERNAL ORGANISASI, dan sebaliknya😀 .
Ada yang mau menambahkan ?

salam,
ISO (Bahasa Jawa) – BISA (Bahasa Indonesia)