Menyambung kembali ARTIKEL KEPEMIMPINAN saya yang terakhir (tips menjadi pemimpin handal 06). Dalam Artikel Kepemimpinan kali ini, kita akan mencoba mengenali karakteristik dari rekan kerja kita, sehingga anda sebagai PEMIMPIN HANDAL yang SEJATI dapat membagi peran pekerjaan dengan pasti dan tanpa ragu alias MANTAP😀 !

Setelah mendengarkan paparan tentang KUADRAN KARAKTERISTIK ORANG DALAM BEKERJA dan berdiskusi dengan Rm. Alexius Dwi Widiatna, M.Ed CM (Romo Alex) selaku Kepala Sekolah atau Pemimpin SMAK St Louis 1 Surabaya tentang tipe – tipe orang dalam berkarya. Kuadran tersebut tampak pada gambar berikut ini :

kuadran karakteristik orang

Kuadran I – TELLING
Untuk dapat melakukan suatu pekerjaan, SELALU saja MENUNGGU INSTRUKSI dari ATASAN atau pihak terkait. Setelah itu, orang – orang yang berada di kuadran TELLING langsung mengerjakan instruksi yang diberikan.

Kuadran II – SELLING
Hampir mirip dengan kuadran I, hanya saja orang – orang yang berada di kuadran SELLING TIDAK semata – mata LANGSUNG MENGERJAKAN INSTRUKSI YANG SELALU DIBERIKAN oleh ATASAN, tetapi JUGA memberikan pendapat / saran / kritik / BERDISKUSI (diasumsikan seperti tawar menawar dalam berjualan) mengenai instruksi yang diberikan UNTUK mencapai HASIL yang LEBIH BAIK.

Kuadran III – PARTICIPATING
Hampir mirip dengan kuadran II, tetapi IDE-IDE yang MUNCUL berasal DARI kalangan BAWAHAN, KEMUDIAN ide-ide mereka tersebut, DIDISKUSIKAN DENGAN ATASAN untuk mencapai hasil yang terbaik.

Kuadran IV – DELEGATING
Kuadran ini adalah kuadran impian para bawahan, karena jika mereka dianggap layak untuk berada pada kuadran ini, maka mereka tidak lagi dianggap sebagai bawahan, tetapi mereka lebih layak untuk menjadi Pemimpin yang Handal atau Pemimpin sejati. Karena orang – orang yang berada di kuadran delegating adalah orang yang diberi hak penuh untuk menjalankan “roda pemerintahan” dan didukung penuh oleh Pemimpin diatasnya, dengan tidak mempedulikan apapun keputusan yang diambil. Orang – orang di kuadran ini sangat dipercaya untuk mengendalikan apa yang menjadi tanggung jawabnya.

Emotional Quotient
Menjadi salah satu syarat penting yang berpengaruh dengan kuadran karakteristik orang. SEMAKIN TINGGI EMOTIONAL QUOTIENT dari seseorang, maka semestinya SEMAKIN TINGGI pula POSISI KUADRAN dari orang tersebut.

Nb: Semakin tinggi kuadran anda, maka semakin besar pendapatan anda  dianggap layaklah anda untuk menjadi Pemimpin yang Handal😀 .

*) Silakan mencari di kuadran berapakah anda, rekan , atau bahkan pimpinan anda sekarang?
*) Pantaskah anda, rekan atau pimpinan anda berada di kuadran tersebut ?
*) Apa yang akan anda lakukan sekarang untuk mencapai kuadran yang tertinggi (Delegating) ?
salam,
ISO