Artikel Kepemimpinan handal dan sejati ala jimgunMenyambung terus artikel kepemimpinan saya yang terakhir, tips Menjadi Pemimpin Handal kali ini terinspirasi oleh tulisan dari Richard W. James yang merupakan salah satu “bidan” lahirnya perusahaan jasa pelatihan dan seminar paling terkenal di dunia, Enlightened Leadership International. Tulisan yang cukup menarik, saya kira artikel kepemimpinan kali ini cocok bagi semua Pemimpin yang ingin organisasi yang dipimpinnya dapat “tancap gas” alias “full speed”, terutama di tahun baru 2008 yang semakin dekat😀

Tips Menjadi Pemimpin Handal 12 : Shared Leadership

Terlepas dari gelar, usia maupun jabatan, setiap orang adalah Pemimpin karena masing -masing anggota dari organisasi sedikit banyak pasti memiliki pengaruh, sehingga pernah mempengaruhi dan dipengaruhi. Pada dasarnya Pemimpin adalah orang yang memiliki pengaruh seperti yang pernah saya ulas pada artikel kepemimpinan saya beberapa waktu lalu.

Inti dari “Shared Leadership” sendiri adalah komitmen dari organisasi untuk memperhatikan hal-hal yang bisa dikontribusikan oleh setiap karyawannya. Bila organisasi mau mendengarkan, menghargai dan melaksanakan saran-saran yang menunjang, kesempatan akan meningkat, keterbukaan meningkat dan hasil akan lebih banyak tercapai dalam waktu yang lebih cepat serta lebih mudah😀 .

Jika organisasi sudah berkomitmen demikian, maka setiap orang harus menunjukkan partisipasinya, karena kita semua adalah Pemimpin dan dituntut untuk menunjukkan yang terbaik sesuai dengan yang diperlukan organisasi.

Sebagai contoh:

Di Kanada, setiap tahun diadakan pertandingan Kuda menarik beban. Pada suatu pertandingan, Kuda pertama mampu menarik beban seberat 450 kg, duda Kuda kedua mampu menarik beban seberat 400 kg. Sebuah pengujian dilakukan untuk melihat apa yang akan terjadi jika kedua kuda tersebut menarik beban secara bersama-sama. Pada saat sendiri-sendiri, kuda tersebut berhasil menarik beban dengan total 850 kg. Secara bersama, beban yang harus ditarik oleh kedua kuda tersebut terus ditambah hingga mencapai 1600 kg. Hal ini membuktikan betapa besarnya kekuatan untuk mencapai sasaran bila potensi masing-masing disatukan. Kedua kuda tersebut berhaisl menarik beban lebih besar ketimbang total berat beban yang berhasil ditarik oleh setiap kuda secara sendiri – sendiri.

Dunia lain Percaya ga percaya, hal yang sama juga terjadi pada manusia. Dua orang yang bekerja “bersama-sama” sama akan lebih efektif ketimbang bekerja sendiri-sendiri😀 . Dengan demikian kekuatan organisasi anda berada pada setiap karyawan, meskipun tidak menutup kemungkinan adanya bantuan kekuatan dari pihak diluar organisasi.

Kesimpulan dari Shared Leadership / Kepemimpinan dari semua anggota adalah :

Organisasi harus mampu menciptakan lingkungan yang mengembangkan kepemimpinan setiap karyawannya. Bagaimana caranya ? Karyawan akan merasa bebas apabila mereka tahu bahwa opini yang mereka sampaikan tidak akan disalahkan, dan mereka juga harus tahu bahwa mereka bukan semata-mata hanya boleh menyampaikan usul saja, tetapi harus disertai juga dengan action.😀

Pandangan organisasi yang positif, kepemimpinan yang sungguh-sungguh mau mendengarkan dan menghargai ide setiap orang akan sangat penting untuk mendukung terciptanya suasana lingkungan yang jujur, terbuka, sehat dan menyenangkan.😀

Keberhasilan kebanyakan organisasi lebih banyak datang dari kemampuan pemberdayaan SDM dan kemampuan menciptakan suasana yang mendukung atau dengan kata lain, jika masalah internal dapat menjadi momok yang menakutkan, maka kondisi internal yang mendukung pun dapat menjadi Kekuatan Super yang melebihi Superhero manapun.😀

Diolah dari buku Personal Leadership – Richard W. James (A Practical Approach for Achieving Individual and Organizational Freedom)

Selamat mencoba ….
Salam,
Iso