ShakehandMelanjutkan kembali tips sukses berkomunikasi 04. Jika pada tips sebelumnya pembahasan lebih fokus ke “awal terjadinya dialog” dengan client / kolega / teman / siapa saja, tips sukses berkomunikasi kali ini akan lebih fokus kepada akhir dari dialog. Tips kali ini agak sering sekali saya gunakan dalam setiap akhir dialog yang saya lakukan, dan seperti tips-tips lainnya di blog Kepemimpinan ini, hasilnya … wow … fantastis …πŸ˜€

Tips sukses berkomunikasi 05 : Mengucapkan harapan baik untuk lawan bicara kita.

Menurut perkiraan saya, tips ini sudah saya gunakan selama lebih dari 1 tahun terakhir, karena saya tidak pernah mencatat kapan saya mulai menggunakan tips iniπŸ˜€ . Yang saya lakukan hanya adalah selalu sering mengucapkan kata (mirip doa) singkat ini di setiap akhir dialog : “sukses buat anda”. Saya pikir tidak ada salahnya kan mendoakan sesuatu yang baik untuk orang lain (dalam hal ini lawan bicara kita)πŸ˜€

Di lain pihak, orang yang mendengar ucapan tersebut tentunya akan merasa “senang” dan sebagai imbalannya, mereka mungkin akan mengucapkan kata yang sama dengan yang kita ucapkan, atau bahkan “doa positif” yang lebih panjang dari “doa singkat” kita diatasπŸ˜€ . Anda dapat memperkirakan sendiri, bagaimana efeknya jika lawan bicara kita dalam kondisi “senang”πŸ˜€

Pesan moral dari tips ini : “Kita tidak pernah tahu, dari mulut mana doa itu dikabulkan”πŸ˜€

Selamat mencoba …
Salam,
Iso