Do itCukup lama saya tidak memposting tips di blog Kepemimpinan ini, ini dikarenakan cukup banyak aktivitas lain yang menyita waktu😀 (kaya orang sibuk aja …🙂 )

Tips kali ini tetap melanjutkan terus tips menjadi pemimpin handal sebelumnya. Tetapi kali ini, tipsnya bersifat anjuran alias untuk dikerjakan. Tips Menjadi Pemimpin Handal 14 akan membahas tentang : Kepemimpinan dari samping.

Selama ini, kebanyakan Pemimpin didalam organisasi, buku-buku Kepemimpinan atau artikel-artikel Kepemimpinan yang ada selalu membahas bagaimana konsep Kepemimpinan dari bawah (push) dan bukan dari atas (pull). Nah saya sudah mencoba mempraktekkan gaya Kepemimpinan yang menurut saya tidak lumrah, yaitu Kepemimpinan dari samping (together).Untuk dapat memimpin dari samping seperti yang saya maksud, seorang Pemimpin harus mempraktekkan / membiasakan hal-hal berikut ini :

  1. Berperilaku / behavior yang baik seperti yang diutarakan oleh saudara Minun dalam komentarnya di sini (komentar no 8).
  2. Membuang jauh-jauh gengsi Kepemimpinan anda, rasa hebat, paling berpengalaman, senioritas dan ‘penyakit Kepemimpinan lainnya yang sejenis’.
  3. Menumbuhkan rasa kebersamaan yang tinggi.
  4. Meyakinkan follower bahwa anda dan follower anda seolah-olah senasib seperjuangan dalam organisasi. Anda dapat melakukan hal ini dengan ‘sering curhat’ tentang masalah keuangan tentang kesulitan anda dalam Kepemimpinan. Tentunya, curhat yang saya maksud harus sudah anda filter sedemikian rupa sebelumnya, sehingga layak untuk dikonsumsi follower anda.

Khususnya no 4, jika anda berhasil melakukan hal tersebut dengan baik, maka niscaya, rasa setia kawan, loyalitas follower anda kepada organisasi atau kepada anda sebagai Pemimpin mereka tentu akan melonjak tajam dan tentu saja efek kepada organisasi akan semakin … wow … spektakuler ….

Loyalitas inilah yang saya maksudkan dengan kata ‘together’ diatas. Karena bersama-sama, anda akan dapat memajukan organisasi dengan cepat dan benar😀

Kesimpulan nya:

  • Jadi, jangan hanya memimpin dari bawah (mendorong follower agar semakin maju), karena anda akan capek kalau terus-terusan harus memotivasi + mendorong agar mereka maju.
  • Juga jangan hanya memimpin dari atas (menarik follower anda agar menunjukkan kinerja baik), karena anda akan capek kalau terus-terusan harus memberi tahu mereka tentang bagaimana bekerja dengan baik dan waktu anda akan terbuang percuma😀
  • Coba lah untuk melakukan Kepemimpinan dari samping (from side), karena jika follower anda sudah merasa senasib seperjuangan dengan anda, niscaya loyalitas / rasa setia kawan mereka tidak lagi perlu diragukan ;D

Selamat mencoba dan sukses buat kita semua,
salam,
jimgun