Sudah lama sekali dari tips sukses berkomunikasi yang terakhir (lewat dari 10 1 tahun)😀 , waktu yang cukup lama …..

Tips Sukses Berkomunikasi 06 kali ini akan fokus kepada prinsip dasar dari “The Art of Influence People” atau Seni Mempengaruhi Orang Lain.

Tips Sukses Berkomunikasi kali ini akan berbicara mengenai 3 hal :

  1. Jangan Mengkritik.
  2. Manusia adalah makhluk yang dipenuhi dengan emosi (perasaan) daripada dengan logika. Oleh sebab itu sangat tidak saya sarankan bagi rekan sekalian untuk “mencoba menyadarkan” rekan anda dengan cara mengkritik meskipun itu kritik yang menghancurkan membangun & disampaikan dengan cara yang sehalus mungkin😀 .

    Kritik adalah sesuatu yang dapat “mengganggu” setiap orang. Tidak seorang pun yang suka dikritik termasuk artis-artis karbitan dari acara-acara idola anak – remaja yang menerima kritik dari juri-juri yang terpilih😀 .

    Kritik hanya akan menimbulkan rasa marah, tidak percaya diri, dendam, benci dan emosi-emosi sejenisnya, apalagi jika disampaikan dengan cara yang kurang pas.😦 Orang bodoh sekalipun dapat melakukan hal ini, tapi hanya orang-orang tertentu saja yang dapat menahan kritiknya dan memutar balikkan menjadi penghargaan yang mempunyai manfaat jauh lebih besar bagi diri atau team.

  3. Berikan Penghargaan Yang Jujur & Tulus.
  4. Selalu ambil sisi positif dari orang tersebut, sehingga yang muncul bukan rasa cinta kritik, melainkan penghargaan / pujian. Lakukan hal ini dengan jujur dan tulus, niscaya akan meningkatkan percaya diri dan loyalitas dari rekan anda.

    Masih ingat artikel saya tentang jurus kungfu tingkat tinggi ? praktekkan kungfu anda dengan jujur dan tulus, dapatkan manfaat nya bagi anda atau team.

  5. Bangkitkan Minat Pada Diri Orang Lain.
  6. Salah satu rekan saya hanya mempunyai 1 topik setiap kali bercengkerama, yaitu AKU😀 sudah pasti dapat ditebak, cerita yang dibicarakan selalu seputar AKU. Tentu saja ini tidak akan membangkitkan minat setiap orang yang mendengarnya😦 , tetapi sangat membangkitkan minat dari rekan saya yang lagi cerita😀 .

    Jika anda yang memulai pembicaraan, untuk membangkitkan minat lawan bicara anda, coba isi pembicaraan anda dengan topik-topik yang lawan bicara anda suka, niscaya lawan bicara anda akan berbunyi dengan sendirinya seperti burung juara 1 dalam lomba burung internasional bersemangat. jika ini terjadi, jangan bosan-bosannya untuk terus memastikan pembicaraan anda tidak keluar topik😀

Summary: Tujuan dari 3 tips diatas, anda mempunyai modal yang kuat untuk dapat dicintai disukai oleh orang lain, sehingga akan sangat memudahkan anda untuk “influence / mempengaruhi” lawan bicara anda untuk tujuan tertentu (mis: penjualan, dsb).

*) Diolah dari How to Win Friends and Influence People – Dale Carnegie

Semoga bermanfaat,

salam