Add Logo Honda PGM-FI SEO CompetitionSejak dulu Sepeda Motor Honda terkenal sebagai Rajanya Motor Bebek di Indonesia. Hal ini bukan semata-mata karena Honda berhasil menguasai sebagian besar pasar penjualan Sepeda Motor Bebek di Indonesia, melainkan Honda lah yang ternyata Pioneer (yang pertama kali) merilis produk sepeda motor bebek di dunia, iya anda tidak salah baca. Bukan di Indonesia melainkan di Indonesia. Dikutip dari Vivanews, Sepeda motor Honda tipe Cub atau yang di Indonesia lebih dikenal dengan istilah bebek, pertama kali dikembangkan di Jepang pada tahun 1957.

Di era modern ini, Teknologi Honda tentu meningkat jauh dibanding produk motor bebek pertama kalinya. Hal ini dibuktikan dengan prestasi manajemen PT Astra Honda Motor (AHM) yang menaungi sepeda motor Honda di Indonesia dengan meraih penghargaan dari Musium Rekor Indonesia (MURI), yaitu mencatat rekor baru dalam industri sepeda motor roda dua setelah berhasil membukukan penjualan motor sebanyak 951 unit untuk satu tipe motor dalam kurun waktu kurang dari 8 jam.

Rekor MURI didapatkan AHM lewat acara “Jadilah 1.000 Pemilik VIP New Honda Blade” di Cilandak Town Square Sabtu, 06 Agustus 2011 kemarin. Program ini merupakan terobosan baru dalam sejarah industri kendaraan roda dua di negeri ini. MURI pun menganugerahi AHM penghargaan rekor baru yaitu penjualan motor terbanyak untuk satu tipe dalam satu hari di satu lokasi. Kinerja AHM selaku pengelola Sepeda Motor Honda benar-benar memukau banyak pihak. Lihat saja laporan keuangan dan pergerakan harga saham AHM (dengan kode emiten ASII) di lantai Bursa Efek Jakarta yang jika ditarik garis lurus menunjukkan kenaikan yang signifikan pada setiap tahunnya. Hal ini tentu menjadi seperti jaminan / garansi bagi masyarakat untuk mempercayai Honda sebagai rajanya motor bebek.

PT Astra Honda Motor (AHM) akhirnya mendeklarasikan penggunaan teknologi injeksi (PGM-FI) pada semua produk sepeda motornya secara bertahap hingga akhir tahun 2013. Tentu saja persoalan lingkungan seperti pemanasan global, polusi udara, dan makin langkanya bahan bakar fosil telah menggerakkan pakar teknologi Honda untuk terus melakukan penelitian dan akhirnya me-launching teknologi PGM-FI dengan harga terjangkau bagi masyarakat Indonesia.

Sebagai catatan, teknologi Go Green PGM-FI pertama kali digunakan pada tahun 1981 yang disematkan pada motor besar Honda CX500 Turbo. Teknologi ini pun dikembangkan dan mulai digunakan pada sepeda motor commuter pertama kali pada tahun 2003. Di Indonesia sendiri, PGM-FI merupakan pelopor teknologi injeksi di industri kendaraan roda dua yang diperkenalkan pertama kali lewat Honda Supra X 125 PGM-FI pada tahun 2005. Melalui Honda Supra X 125 inilah Honda dikenal sebagai dengan slogan Sepeda Motor Injeksi yang Irit Harga Terbaik Cuma Honda.

Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda

Sedikit informasi tentang teknologi PGM-FI, teknologi ini adalah sistem suplai bahan bakar dengan teknologi kontrol elektronik yang mampu memasok bahan bakar dan oksigen secara optimum sesuai dengan kebutuhan mesin di setiap keadaan. Teknologi ini memberikan banyak manfaat, seperti emisi yang bersih. Perpaduan sensor cerdas dan catalytic converter mampu menekan emisi gas buang. Untuk membuat produknya lebih ramah lingkungan, AHM mendeklarasikannya jauh sebelum ketentuan emisi gas buang EURO 3 diberlakukan. Selain itu, konsumsi BBM bisa lebih hemat hingga 17% karena keakuratan teknologi PGM-FI dalam mengendalikan komposisi pasokan bahan bakar dan oksigen yang menghasilkan pembakaran lebih efisien. Mesin juga lebih powerfull. Perawatan juga jauh lebih mudah karena terdapat sistem kendali elektronik yang didukung oleh MIL (malfunction indicator lamp) serta kemudahan menghidupkan mesin dalam segala kondisi suhu udara.

Hingga kini AHM telah memiliki lima jenis motor yang telah menggunakan teknologi PGM-FI, yaitu Honda CBR250R, Honda CBR150R, Honda PCX, Honda Revo AT, dan Honda Supra X 125 PGM-FI. “Agar dapat terus memberikan produk yang rendah emisi, hemat bahan bakar, dan lebih powerful, hari ini kami mengumumkan akan mengimplementasikan teknologi injeksi atau PGM-Fi system di semua line up produk Honda hingga akhir 2013,” ujar Yusuke Hori, President Director AHM, di Jakarta pada tanggal 23 november 2011 kemarin.

Mengingat semakin mengerikannya polusi udara, air dan tanah, sudah saatnya lah kita semua warga Indonesia untuk bersama-sama bahu-membahu mendukung teknologi Go Green atau ramah lingkungan. Tentu saja kita harus mengapresiasi Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda sebagai salah satu penerap teknologi Go Green di semua produknya, paling tidak itu janji dari Presdir AHM🙂 Selamat Honda, We Love Honda.

Diolah dari berbagai sumber: